Halo!
Selasa kemarin habis ke kampus dianter mama, terus nemu angkot yang super duper
nyebelin bikin pengen gua lindes tapi ga mungkin. Nah, gara-gara itu tiba-tiba
kepikiran buat ngebahas kendaraan umum yang udah kayak cendol di Indonesia :
ANGKOT
Well,
udah pada tahu lah ya angkot itu apa. Angkot itu kendaraan umum di Indonesia (terutama
jabodetabek) yang berbentuk mobil atau mini bus. Biasa beroperasi di jalan raya
dari pagi sampai malam. Angkot di setiap tempat memilki warna yang berbeda, dan
jurusan yang berbeda-beda pula. Tujuannya ya agar masyarakat yang tidak
mempunyai kendaraan bisa tetap ke tempat tujuannya dengan cepat dan aman.
Tujuannya
udah mulai banget tuh. Selain menolong masyarakat yang ga punya kendaaraan, angkot
SEHARUSNYA juga bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, apalagi yang
jumlahnya udah membludak kayak cendol. TAPIIIIIIIIII
kenyataannya tidak demikian. Justru sekarang kendaraan pribadi makin banyak.
Satu orang satu motor, atau lebih parahnya lagi, satu orang satu mobil. Oh the
irony...
Kenapa
sih orang – orang sekarang lebih milih naik kendaraan pribadi ketimbang angkot?
Nah, berdasarkan observasi dan pertanyaan yang gua lontarkan ke teman-teman gua
yang kemana-mana pake kendaraan pribadi, akhirnya ditemukan beberapa alasan
yang menurut gua mewakili semuanya :
- Tukang Ngetem
That’s
the 1st (and) most reason that my friends told when I asked them
“kenapa ga naik angkot aja?”. Di Jakarta (terutama Depok, tempat tinggal gua),
angkot selalu di pinggir jalan. Buat yang gatau ngetem itu apa, ngetem adalah
sebuah kegiatan dimana angkot berhenti di pinggir jalan untuk menunggu
penumpang dengan tujuan memenuhi tempat duduk angkotnya. Nah, yang jadi masalah
adalah, angkot itu suka banget ngetem lamaaaaaaaaaa banget di pinggir jalan. Waktu
gua SMA, gua pernah naik angkot ke arah rumah. Kebetulan emang ga ada penumpang
lain di angkot itu selain gua, terus begitu kami di Giant, Cimanggis, dia
berhenti di pinggir jalan, lalu ngetem.
....
1 menit.... oke gua masih sabar, satu orang mulai masuk.
.....
5 menit.... Yaa gapapa lah, belum ada tambahan orang lagi
......
10 menit.... Coy panas coy, tapi satu orang mulai masuk lagi.
......
15 menit..... Beuh udah ga kuat gua!
Sampe
setengah jam angkotnya ngetem! Dan lebih parahnya lagi, supir angkotnya malah
keluar minum es di warung deket situ, ninggalin penumpangnya yang kepanasan
kayak dipanggang. HIH! Ga mikirin penumpangnya! Dikira penumpang itu sembako
kali ya ditinggalin gitu aja. Akhirnya gua turun, tinggalin tuh angkot, terus
naik ojek dah. Kosong lagi dah tuh angkot.
2. Lama
Nah,
udah gitu, selain ngetemnya berkali-kali, angkot itu juga lama coy.
“Kok bisa!? Katanya angkotnya
membludak kayak cendol?”
Jadi
gini, angkot itu, meskipun jumlahnya banyak, tapi jalannya lambaaat banget,
apalagi kalo dia lagi di perumahan. Setelah berabad-abad ngetem, akhirnya
angkot jalan tuh. Tapi dibilang jalan juga engga soalnya dia cuma ‘main-mainin’
kopling! Dan buat yang ga tahu, kopling itu mesin dalam mobil manual yang bikin
mobil jadi jalan (sebelum akhirnya digas). Kecepatan kopling itu ya ga ada,
karena cuma memicu mobil buat jalan. Jadi leleet banget. Bahkan lebih cepet
jalan kaki kayaknya. Nah, begitu angkot udah di jalan raya, barulah dia nge-gas
sekenceng-kencengnya kayak di kejar setan.
Selain
itu, angkot juga suka lama karena ngobrol sama supir lain.
Maksudnya?
Ya
itu, ngobrol sama supir lain dari arah yang berlawanan.
Begini,
misalnya ada angkot lagi jalan nih, terus ada angkot yang sama (partner dia)
dari arah berlawanan. Terus dia menyapa temennya (sesama supir angkot) yang
dari arah berlawanan itu. Kalo cuma nyapa sih selow lah ya. Masalahnya bukan
cuma nyapa, terkadang mereka malah ngobrol. Mulai dari “ada razia ga disana?”
sampe “eh semalem Chelsea menang ga?”. Bayangin aja, di tengah jalan ngobrol
kayak gitu, gimana ga lama. Dan akhirnya mereka berdua jadi sumber kemacetan
karena menghalangi mobil lain yang mau lewat. Cape deh!
3. Panas
Kalo
ini menurut gua relatif. Angkot emang ga punya AC, kalaupun punya, itu cuma
buat hiasan. Tapi kalo jalan, ada anginnya kok, soalnya ada jendela-jendelanya.
Ya menurut gua orang bakal merasa kepanasan kalo dia naik angkot di Jakarta
siang-siang, terus macet, terus jendela angkotnya ketutupan orang berbadan
lebar. Tapi kalo seandainya angkotnya jalan di daerah dingin kayak Bogor atau
Puncak, gua rasa ga bakal panas-panas amat.
4
4. Ga
Bisa Menghitung
Maksudnya!?
Ya ga bisa perhitungan antara jumlah penumpang dengan kursi angkot yang dia
miliki. Begini, pernah naik angkot yang udah super duper penuh, sampe
dempet-dempetan, sampe lu aja mau bergerak aja ga bisa, tapi angkotnya masih
ngetem dan teriak-teriak ke orang-orang
“Ayo neng! Kosong neng! Yang kiri geser yang kiri!”, padahal udah jelas
ga bisa masuk. Nah itulah yang gua sebut dengan ‘ga bisa menghitung’. Udah tahu
angkot udah penuh, sampe-sampe tuh mobil body-nya turun (karena banyaknya
penumpang) masih aja dibilang “Kosong”. Kenapa bisa gitu ya? Kalo menurut gua
sih, angkot kayak gitu karena ingin mendapat lebih banyak uang, jadi dia
paksa-paksain masuk. Tapi kan tetep aja nyusahin kita
5. Sembarangan
Nurunin Penumpang
Ini
juga jadi alasan kenapa teman-teman gua males naik angkot. Terkadang angkot
yang ngetem, akan jalan juga meskipun tanpa penumpang. Hal ini dikarenakan
karena sudah sejam, tapi penumpangnya daritadi ya cuma satu, ya akhirnya dia
mau ga mau ya jalan. Terus kalau seandainya udah jalan 2-3 km tapi ga ada penumpang
yang naik, maka dia bakal ngomong ke satu-satunya penumpang yang ada di situ
kayak gini : “mbak/mas/pak/bu, turun di sini aja ya, saya mau muter balik”,
habis itu kita diturunin di situ, terus dengan sigap angkotnya muter balik,
habis itu pergi ke arah ‘pulang’. Angkot kayak gitu dengan harapan kalau
seandainya dia jalan di arah sebaliknya, dia bakal dapet penumpang. Tapi yang
kesusahan kita, diturunin gitu aja, masih mending kalau ada angkot berikutnya.
Kalau ngga? Bye bye beibeh..
6. Ugal-ugalan
Yak!
Bener banget! Angkot seneng banget yang namanya ngebut mendadak dan ngerem
mendadak. Selain itu, angkot juga demen banget yang namanya nyalip sembarangan,
bahkan suka ambil jalur dari arah yang berlawanan. Habis itu, gitu dia ambil
jalur berlawanan, dia papasan sama mobil/motor dari arah berlawanan, mau gamau
dia harus balik ke jalur dia kan. Ironisnya, jalur yang satu lagi ga bisa
ngasih jalan (entah orang-orangnya males atau emang macet jadi ga bisa ngasih
jalan), akhirnya angkotnya ngestuck lah di jalur orang. Habis itu dia
klakson-klakson maksa supaya orang-orang kasih jalan. Lah yang salah siapa,
yang ngomel siapa. Haduh kayak ga pernah sekolah aja. Eh, tapi emang rata-rata
supir angkot tidak berpendidikan tinggi, makanya kayak gitu
7. Horror
Horror
begimane? Ya horror angkotnya. Karena ada sebagian angkot yang mesinnya udah
bobrok banget, sampe-sampe kalau jalan pun suka bunyi ‘krieeet’ kayak pintu
kalo di buka. Bayangkan jika kamu naik angkot, terus tiap ada polisi tidur, ada
bunyi ‘krieet’ dan suara kayak robot super tua yang disenggol anak kecil dikit
aja hancur. Kan horror..
Yah
kira-kira begitulah alasan kenapa banyak orang lebih milih naik kendaraan pribadi atau
kendaraan umum lain (transjakarta, taxi (uber atau offline), ojek
(online/offline) ketimbang angkot. Tapi bukan berarti semua supir angkot kayak
gitu. Gua pernah nemu supir angkot yang nyetirnya bener, ga ugal-ugalan, bahkan
dia ga mau ngetem dengan alasan “saya ga mau nyusahin orang lain mbak gara-gara
saya ngetem. Entar kalo saya jalan juga orang-orang pasti mau naik angkot saya”,
cuma ya masih sedikit orang yang punya kepribadian kayak gitu.
Dan
gua rasa pemerintah perlu mengadakan pelatihan khusus buat supir angkot deh.
Supaya ga ugal-ugalan, ga nyusahin orang-orang di jalan. Karena kalo ngga,
orang-orang bakal jauhin angkot, habis itu angkot bakal menghilang, dan
pengangguran makin banyak. Kan kasihan.
Selain
itu, juragan-juragan angkotnya juga perlu memperhatikan mobil-mobil milik
mereka, supaya ga bobrok kayak angkot di beberapa tempat. Jadi maksud gua perlu
pemeriksaan rutin gitu setiap beberapa bulan sekali, atau setahun sekali deh.
Jadi kalau ada yang rusak atau mulai error, bisa langsung diperbaiki, ga perlu
nunggu rusak parah kayak angkot-angkot tua yang disitu. Jadi ga keluar duit
banyak juga kan. Apalagi yang soal AC yang cuma jadi pajangan di mobil. Kalo
itu diperbaiki, pasti bakal banyak penumpang yang mau naik.
Tapi
itu baru pendapat gua sih. mudah-mudahan angkot bakal berkembang terus, soalnya
angkot tuh berguna banget buat orang yang tinggal di pelosok-pelosok. Dan gua
rasa kalo seandainya angkot makin berkembang, pasti pemilik kendaraan pribadi
langsung beralih ke angkot. Dan kalo gitu, akan mengurangi kendaraan di
Jakarta, jadi mengurangi macet deh. Enak kan? Enak kaaaan?
12.11.2015
Shirleyuri
No comments:
Post a Comment