Catatan Hati Pemusik Gereja yang Tidak Penting (haha)



         Tulisan ini gua buat hanya berdasarkan opini gua, bukan berdasarkan catatan orang atau jurnal-jurnal penelitian nasional/internasional. Gua menulis tulisan ini dalam rangka mengungkapkan semua pikiran gua selama menjadi pemusik di GPIB Gideon, Kelapa Dua, Depok. Jadi maaf-maaf saja kalau seandainya tulisan ini benar-benar tidak seperti tulisan-tulisan ilmiah. Karena yaa, ini catatan pribadi gua hahaha.
            Musik dalam kehidupan orang kristen memang tidak bisa dipisahkan. Bisa dibilang, musik dalam kegiatan beribadah di gereja merupakan satu kesatuan yang dapat melancarkan jalannya peribadatan di sebuah gereja, hal ini membuat pelayanan pemusik dalam gereja menjadi hal yang penting dan krusial. Sayangnya, pemusik di dalam Gereja, terutama gereja-gereja  tradisional seperti HKBP, GPIB, dan gereja lainnya masihlah terbilang sedikit. Di Gereja gua, GPIB Gideon, Depok, jumlah pemusik dapat dihitung dengan jari. Ketika ditanyakan alasan mengapa tidak ingin menjadi pemusik di gereja, sebagian besar menjawab tidak percaya diri, tidak suka musiknya, dan juga ada yang tidak suka dengan ketidak bebas-an dalam bermain musik.
            Gua menjadi pemusik di gereja ketika berusia 14 tahun, pertama kali gua melayani adalah ketika paskah PA (Pelayanan Anak, di gereja lain menyebutnya sebagai sekolah minggu) saat itu, gua masih tidak berani, benar-benar takut di hadapan semua jemaat baik anak PA maupun orang tua yang menemani (Padahal di tempat les, gua udah sering konser kecil-kecilan haha). Bahkan juga sering kagok ketika memulai intro. Kemudian dari sana, gua mulai diminta pelayanan minggu di Gereja untuk ibadah umum, di situ gua juga masih ketakutan, padahal sudah latihan berhari-hari, tapi tetap saja masih takut ckckck...
            Gua mulai berani bermain santai pas kelas 11, ketika gua mencoba berbagai style untuk bermain satu lagu. Lagu ‘disini aku bawa Tuhan’ (Dison adong Huboan Tuhan) itu lagu pertama yang gua otak-atik, disaat yang lain bermain agak country dan agak batak, gua mencoba bermain ala bossanova,  and it was great! Gua memainkannya ketika persembahan sedang diedarkan (hanya instrumen, singer dan semua pelayan lain tidak bernyanyi), awalnya gua masih main yang standard, ala-ala country dan batak gitu. Tapi selama main gua tiba-tiba berpikir ‘Apa ga bosan ya mainnya gini-gini doang?’, akhirnya gua mencoba ‘mengotak-atik’ musiknya. Dimulai dari style nya dulu, awalnya chordnya kumainkan ala-ala appregio, lalu gua coba main sok jazzy (padahal baru belajar dasar-dasarnya doang hahaha), terus selama musiknya gua mainkan, gua selalu memikirkan style apa yang kira-kira cocok buat lagu ini. Tiba-tiba kepikiran aja mau mainin lagu itu pake bossanova. Ternyata berhasil! Waktu itu gua super seneng, dan, mungkin karena selama ini jarang yang mainin pake style itu, akhirnya sebagian besar jemaat pada ngeliatin gua terus selama main hahaha. Semenjak itu gua mulai berani main lagu gereja dengan style yang tidak umum, meskipun ya tetap saja harus melihat arti dari lagu yang kita mainkan.
            Jadi pemusik di gereja itu asik kok, ga kalah jauh sama jadi pemusik biasa. Kemampuan piano jadi ga hilang karena terus dimainkan. Dan juga orang-orang juga jadi kenal kita hahaha. Tapi ada enak, ada ga enaknya juga dong. Ya iyalah, kalau ga enaknya tuh ada banyak yaa. Waktu itu, pas kami lagi persiapan buat hari minggu, muncul bapak-bapak yang protes sama musik yang kami mainkan. Gua masih ingat kata-katanya waktu itu :
            “Di sini kan tulisannya organist, yang artinya pemain organ. Harusnya tuh mainnya seperti bermain organ, bukan kayak di cafe atau restoran!”
            Padahal siapa juga yang main kayak di cafe-cafe. Bahkan di gereja gua ga ada organ, adanya clavinova, berarti kami bukan organist dong, tapi clavinist hahaha.  Tapi dia cuma berkoar-koar sebentar, habis itu karena ga ada yang menanggapi, akhirnya dia diam sendiri, kasian...
            Dulu juga pernah ada ibu-ibu yang selalu menyuruh kami supaya lagunya diperlambat, bahkan kami ga bisa mengotak-atik musiknya. Bayangkan, waktu lagi persembahan, dan gua sedang mengotak-atik musiknya, tiba-tiba dia berdiri diantara bangku jemaat, terus nyuruh gua supaya jangan mainin lagu itu lagi. Gua itu orangnya ga suka dimarahin di depan umum, lebih suka kalau dikritik di depan gua langsung, tapi ga pake teriak-teriak kayak orang-orang DPR pas sidang Paripurna ke 7 (http://nasional.tempo.co/read/news/2014/10/28/078617694/paripurna-dpr-ricuh-meja-rapat-digulingkan) dan disitu selama main gua super gondok, rasanya pengen bejek-bejek tuh ibu-ibu, tapi ga nyelesain masalah juga, jadi gua cuma bisa bejek-bejek dalam khayalan :(, terus dia bilang “main musiknya tuh jangan kayak gitu bla bla bla bla”. Huh, padahal anaknya sendiri main musik kayak di cafe  remang-remang :(. Untung sekarang dia sudah pindah gereja, ya pergilah hush hush!
            Ada juga bapak-bapak yang bilang kalau gua dan beberapa teman (sesama pemusik gereja) mainnya salah, ga bener, dsb. Terus dia mengaku kalau dia udah dapet sertifikat, pernah pelatihan lah, dan sebagainya. Haduh, pak, kami juga udah pendidikan kali, dikata kami ga ngerti musik kali ya. Dan lebih sebelnya lagi, dia mengaku pernah pelatihan, pendidikan, dan sebagainya, tetapi ga mau jadi pelayan dengan alasan sibuk. Hebat ga tuh?
            Ada juga yang ga tukang kritik kayak orang-orang diatas, tapi merasa sok tahu. Waktu gua pelayanan, katanya bakal ada solois dan keyboardist yang mau ngisi pujian. Tapi dia ga dateng-dateng, jadi majelis pikir, dia ga jadi ngisi. Tapi pas lagi doa syafaat, barulah dia datang buru-buru, ngotak-atik sound system, dsb. Masalahnya, sound systemnya kan menyatu dengan  clavinova ku, dan kalau suaranya dikecilkan, otomatis suara musikku juga bakal kecil, Nah, waktu itu dia otak-atik, dia ga kembalikan seperti semula. Saat itu gua lagi doa, jadi ga merhatiin suasana sekitar juga. Dan saat doxology (di gereja kami, doxology biasa dinyanyikan), gua kaget karena suaranya tiba-tiba mengecil 50%. Ya gua kaget dong, begitu gua merhatiin soundnya, gua langsung bete 10 kali lipat. Akhirnya pas selesai doxology, gua langsung tinggalin clavinova, terus membenarkan soundnya ke semula. Mungkin dia sadar kalau dia salah, langsung nyamperin gua, terus langsung gua komen aja “Makanya om jangan sok tahu kalau telat”. Ya, kasar, maafkan gua.
            Duh jadi ngedumel gini hahaha. Tapi ya begitulah, ternyata orang-orang di gereja nyebelinnya sama kayak orang-orang di luar gereja. Dan menjadi pemusik gereja tidak segampang yang orang lain kira. Kenapa? Karena ya ada banyak halangan yang bikin kita tuh jadi ga sejahtera selama melayani. Dan yang paling sering muncul bukan soal teknis, tapi orangnya. Ada yang banyak mau tapi ga bisa kasih solusi, ada yang idealis tapi ga bisa kasih tahu alasan kenapa idealis itu harus ditegakkan, ada juga yang mengintervensi cara main kita, tapi dia ga mau memperbaiki cara main orang lain. Yah begitulah, tapi kalau kata papa sih, kita ga boleh masukkin itu ke dalam hati, anggap aja angin lalu. Kalau ngga, yang ada malah kita mainnya ga menghayati, akhirnya niat untuk melayani pun hilang. Dan gua harap, partner-partner pemusik di Gereja ga kapok ya buat main di gereja. Gua yakin, dengan adanya masalah-masalah kayak gini, pasti kita bakal lebih kuat, baik mental maupun iman. Semangat!

Catatan hati seorang Pemusik yang ga penting
24-Oktober-2015
09:09

5 comments:

  1. Setuju. Musik itu powerful, bisa menembus level afeksi manusia, bukan cuma level emosi. Contohnya, sering orang tanpa perlu terlalu ngerti liriknya, tp bisa ngerasain feel dari sebuah lagu lewat melodinya. So, pelayanan musik di dalam ibadah itu punya peranan yang super penting karena musik membantu jemaat untuk mengerti arti pujian, di mana pujian itu sendiri adalah bentuk komunikasi antara Tuhan dengan kita secara pribadi. Artinya, pelayan musik sendiri harus, mesti, wajib punya pemahaman yang baik terhadap pujian yang dimainkan/dinyanyikan. Coba bayangin gimana ekspresi dan pemahaman jemaat kalo lagu Mari Kita Bersukaria diaransemen mellow? Jadi gagal paham deh bisa-bisa. Hahaha.

    Untuk kritik dari orang lain, itulah pelayanan, Shirley. :) Kita ngalamin ketemu dan kerja sama bareng orang dengan berbagai karakter dan latar belakang (pendidikan, pemahaman teologi, dsb) yang udah pasti bakal bisa bikin gesekan. Belum lagi orang2 yang ngerasa "gw lebih jago dari elo" atau "ini pelayanan bisa bagus karena gw ada". Hehe... Padahal mah kalo Tuhan gak mau pake dia buat melayani juga Tuhan bisa pake orang lain. Pake pohon atau batu pun, Tuhan bisa. :D

    So, imo pelayanan itu adalah anugerah yang mesti dikerjakan dengan baik untuk Tuhan. Anugerah = diberikan cuma-cuma buat kita bukan karena kita hebat, tp karena Allah mau berikan ke kita. Dia mau pakai kita dan mau "memampukan" kita untuk melayani Dia. Jadi yah.. walaupun gak gampang, kadang ketemu masalah dan gesekan, yah hadapi aja dengan fokus dan tujuan melayani yang tetap benar. Selamat berjuang di dalam pelayananmu! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia kak. Kadang2 kesel banget kalo kayak gitu hahaha. Iya amin, bantu doa juga ya kak biar kami ga kayak orang2 gitu pas dewasa nanti ( walah serem) hahahaha

      Delete
  2. keren bgt yaa yg dikasih karunia melayani jadi pemusik :'D
    huhuu belajar tambah dewasa aja klo ngadepin org2 yg kritik wkwkwkk. bru nyadar klo kita sama cil... klo dikritik di dpn org emg nyebelin bgt. pdhl org bijak pasti akan mengkritik lu ktika lu udh slese melayani (tenang), jadi lu bkal bnr2 memahami dan terpaten kritik dr org tsb..

    mangat berjual jdi pelayan !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia kak. Masalahnya banyak bgt tua2 yang ga ngerti sama hal begituan :") iya makasih kaaak :D

      Delete
  3. Hampir persis seperti yang kurasakan juga 👍
    Kukira cuman aku yg rasain tantangan2 itu..
    Thanks ya kak ☺God bless

    ReplyDelete

Efektivitas Nostalgia dalam Lagu-Lagu Masa Kini

Beberapa tahun lalu, tepatnya di tahun 2017, sebuah lagu berjudul ‘Plastic Love’ diunggah di Youtube. ‘ Plastic Love ’ yang dinyanyikan o...