Pengalaman Magang di Ruangguru (PT. Ruang Raya Indonesia)

logo ruangguru

Halo, ini udah 3 bulan sejak gua selesai magang di Ruangguru. Dan sesuai janji, gua bakal cerita pengalaman gua di Ruangguru.

Buat yang ga tau, Ruangguru adalah perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Salah satu aplikasinya adalah Ruangguru, di mana isinya tuh ada beberapa program:

1. Ruangbelajar buat kalian yang mau belajar online, di dalamnya ada video penjelasan, rangkuman, dan contoh soal.

2. Ruangles, buat kalian yang mau nyari guru les offline, alias guru yang datang ke rumah.

3. Ruanglesonline, buat kalian yang punya PR tapi ga bisa ngerjain, bisa banget pake program ini. Tinggal foto soalnya di kolom chat yang tersedia, nanti habis itu guru dari Ruangguru akan membahas soal kalian.

4. RuangUji, yang isinya kumpulan soal try out.

5. DigitalBootCamp, buat kalian yang ingin belajar bareng-bareng secara online, karena program ini punya Group chat belajar dengan tutor standby.


Nah, gua magang disini sebagai content marketing intern. Awalnya gua tau soal permagangan ini pas lagi iseng buka explore nya instagram. Nah, di situ ada pengumuman kalo Ruangguru lagi buka program magang batch 8 dan 9. Kebetulan waktu itu gua baru aja lulus sidang skripsi. Jadi gua pikir, boleh juga nih ikutan ginian. Lumayan, biar pas habis wisuda nanti, gua ga nganggur-nanggur amat. Akhirnya gua apply lah divisi yang menurut gua menarik, yaitu social media marketing. Terus gua isi deh data diri di form yang tersedia. 2 minggu berlalu, gua kira gua ga bakal lolos. Eh, minggu berikutnya gua ditelepon sama Ruangguru buat interview sama user gua. Setelah atur jadwal, akhirnya gua dateng ke kantor Ruangguru buat interview. 

Pas gua dateng ke kantornya. Gua sebenernya sempet bingung karena gedung kantornya (Waktu itu masih Graha Sapta, Tebet) cukup kecil untuk sebuah 'kantor'. Yah, mungkin guanya juga yang kurang update sih ya. Biasa, pengangguran pemula. Mikirnya semua kantor itu gede. Udik emang si penulis ini.

Akhirnya gua ketemu resepsiaonisnya, terus dianter ke lantai 2, yang isinya tuh cuma kumpulan ruangan sama beberapa kursi. Terus gua disuruh duduk di salah satu sofa di sana. Ga lama, muncul seorang yang nantinya jadi Usher gua, sebut saja namanya J. Nah, di sofa itu lah gua di-interview. Agak kaget juga, karena gua pikir interview itu bakal di ruang tertutup gitu. Rupanya cuma di sofa. Wow, menarik juga sistemnya. Disitu gua diwawancarain kayak "kenapa sih mau coba magang di ruangguru?" "jurusan apa?", dll. Habis itu dia cerita kalau sebenernya Ruangguru lagi ada project yang berkaitan dengan jingle ruangguru. Dan karena di CV gua masukkin skill gua yang berkaitan dengan musik dan not balok, akhirnya dia tertarik. Terus dia ceritain juga benefitnya kalo magang disini, kayak gaji, makan siang gratis, tempat kerja flexible, dll. Habis itu interview selesai, gua disuruh tunggu kabar via email.

Eh, sebulan kemudian, Puji Tuhan gua lolos yey. Akhirnya ga nganggur-nganggur amat pasca wisuda. 

September, gua mulai melakukan permagangan ini. Awalnya gua ga langsung kerja. Tapi diajak HRD keliling-keliling ruangan buat perkenalkan diri gitu. Setelah perkenalan diri, baru gua diajak ke ruangan gua yang sebenernya. Disitu gua berkenalan dengan beberapa orang di sana. Ada yang masih magang, ada yang bentar lagi last day, ada juga yang masih jadi full timer di sana. Dan yang gua pahami, ternyata yang magang di sana jauh lebih banyak daripada full timer, hmm.

Ok, jadi hari pertama gua dikasih tugas buat bikin research dan info soal Asian Para Games (Yup, waktu itu lagi hype banget emang Asian Para Games). Dan Usher gua meminta supaya semua bahan berasal dari tempat yang kredibel. Hah, kamu menantang anak Kriminologi soal data-data kredibel ya? Kuterima tantanganmu, Usher!

Selama permagangan, gua sangat menikmati pekerjaan ini. Pakaiannya santai, gua bahkan bisa pake celana pendek dan sendal ke sana. Gua juga selalu mengerjakan semua tugas tepat waktu, bahkan sebelum deadline. Gua juga selalu berhasil mendapatkan data-data kredibel buat artikel di ruangguru. Bahkan Usher gua ga nyangka kalo gua bisa dapet nama asli Ibunya Gen Halilintar wkwkwk.

Tapi selama permagangan itu, gua bingung juga. Perasaan, waktu interview kan dia bilang bakal ada project soal musik dan jingle Ruangguru ya, tapi sampai gua last day pun, gua ga dapet sedikitpun project soal musik. Gua bingung sebenernya, tapi gua pikir, mungkin  nanti bakal ada. Tapi hal itu ga pernah dateng.

Hal yang kurang gua nikmatin di permagangan ini, malah temen-temennya. Yup, selama gua magang, gua ketemu 5 orang yang juga magang di divisi marketing. Sebenernya 5 orang itu baik. Baik semua kok. Tapi entah kenapa gua ga cocok gitu sama mereka. Jangan salah, gua sering ikut makan siang bareng mereka kok. Kadang-kadang ngobrol, dan sebagainya. Tapi entah kenapa ya kayak awkward gitu. Mungkin karena interest gua dan 5 anak itu cukup berbeda. Selera humor pun juga beda. Jadi kayaknya mereka ngeliat gua sebagai anak yang "unik". Tapi mereka masih tetep ramah kok ke gua. But gua ga bisa se-attached itu dengan mereka. Well, I don't mind either, toh gua cuma 2 bulan disini. Tapi gua tetep salut, karena pas last day, mereka tetap kasih gua souvenir dan kenang-kenangan buat gua. Kalo kalian-kalian baca blog ini, gua berterima kasih banget, gua minta maaf kalo gua interest dan selera humornya berbeda, sehingga terlihat aneh. 

Oke, jadi ini yang gua rasakan selama magang di sini.

  1. Suasananya milenial banget. Lu bisa kerja dimana aja, ga harus di meja tertentu. Kadang-kadang lu bahkan bisa aja kerja di tangga. Yang penting tugas saat itu selesai.
  2. Makan siang gratis! Tiap hari bakal ada catering yang dikasih kantor buat kita, lumayan kan hemat-hematin uang jajan. Tapi, karena makan siangnya pake catering, kadang-kadang lu bakal bosen juga dengan menu makanannya. But I'm not, karena gua mikinya "mending makan catering daripada jajan" wkwk
  3. Bisa dapet banyak pengalaman. Karena di Ruangguru itu, lu cenderung disuruh melakukan tugas tanpa ditemani Usher (kecuali kalo lu bingung, ya mereka bakal dampingin lu sampe bisa). Lu juga bisa jadi mandiri dalam ngerjain tugas.
  4. Pakaiannya bebas! Ga harus Pakai blazer, atau kemeja, atau baju-baju rapih lainnya. Lu bisa pakai kaos, celana jeans, dan sendal, and kerja. Lu ga bakal dihakimin karena pakaiannya cuma kaos. Dan itu suasana yang gua suka.
  5. Ada Fee nya, jadi lu bisa dapet pengalaman + uang jajan, Lumayan kan?

Jadi, yah, begitulah pengalaman gua magang mandiri di Ruangguru. Satu hal yang kurang gua nyaman ya teman-teman permagangannya. Tapi itu personal sih. Overall, Magang di Ruangguru bener-bener pengalaman yang berguna banget buat gua. Thanks, Ruangguru!

12 comments:

  1. Hai ka. Terimakasih telah menuliskan pengalaman saat magangnya, kalo boleh tau dapat fee nya berapa ya ka?

    ReplyDelete
  2. Hai ka. Terimakasih telah menuliskan pengalaman saat magangnya, kalo boleh tau dapat fee nya berapa ya ka?

    ReplyDelete
  3. Setelah selesai magang, bisa lanjut jadi pegawai tetap gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok. Biasanya, kalua mereka melihat kamu punya potensi, akan ada kemungkinan kamu diangkat jadi pegawai full time.

      Delete
  4. Hai kak, aku mau nanya internship ruang guru itu ada yang untuk mahasiswa tidak ya?

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. halo kak , mau tanya. apakah magang di ruang guru mendapatkan sertifikasi? terima kasih

    ReplyDelete
  7. hai ka magang dari luar kota bisa ga ka heheh dari jogja nihh:(

    ReplyDelete
  8. Boleh kasih tips gak kak cara mencari data yang kredible itu bagaimana?

    ReplyDelete

Efektivitas Nostalgia dalam Lagu-Lagu Masa Kini

Beberapa tahun lalu, tepatnya di tahun 2017, sebuah lagu berjudul ‘Plastic Love’ diunggah di Youtube. ‘ Plastic Love ’ yang dinyanyikan o...