Menjadi Survivor Penyakit GERD (Refluks Asam Lambung)


Halo, hari ini gua mau share soal salah satu penyakit gua yang cukup parah dibandingkan penyakit-penyakit yang pernah gua alamin. Namanya GERD atau Gastroesophageal reflux (Refluks asam lambung). Jadi, penyakit ini tuh salah satu penyakit yang ada di lambung, di mana asam lambung yang ada di perut keluar berlebihan, membuat perut luka, dan asam lambungnya naik hingga kerongkongan. Jadi, ini kayak the next level of Maag. Buat lebih lanjutnya, kalian bisa cari tahu di  sini

Yup, baru-baru ini gua didiagnosa kena penyakit itu. Kayaknya sih penyakitnya udah dari setahun, tapi gua baru ngerasain sakitnya tuh mulai Januari kemarin. Waktu itu gua habis balik dari Taman Ismail Marzuki buat ngurusin surat perizinan peminjaman gedung. Seperti biasa, gua pulang naik Transjakarta kan, soalnya akses ke rumah lebih gampang kalo pake Transjakarta ya ketimbang naik KRL. Nah, waktu itu gua ga merasa yang aneh tuh, cuma haus sedikit, makanya sebelum pulang gua beli minum dulu lah di sana. Eh, pas lagi di Otista, tiba-tiba gua merasa mual parah. Bawaannya tuh pusing, mual, mana dapetnya berdiri pula. Badan udah sampai keringetan saking mualnya. Mau keluar dari Bus, tapi ini lagi di tengah jalan, sementara halte berikutnya (BNN) masih lumayan jauh. Ga jauh, sih, tapi buat gua yang waktu itu lagi nahan muntah dan ngedrop, itu sangat jauh. Eh, pas udah deket BNN, puji Tuhan orang yang duduk di depan gua pergi, jadi gua bisa duduk, dan turun di UKI (padahal harusnya turun di BKN). Dari UKI, gua langsung ke rumah pake Taksi, biarin dah tekor, yang penting pulang ga sesak.

Beberapa hari kemudian, gua ke dokter kan buat konsultasi soal penyakit itu. Karena ga tau sakit apa, gua bilang aja ke dokter umum dulu, biar nanti dokter umum yang ngasih saran mesti lanjut ke dokter mana. Pas dia cek, kata dia ada indikasi usus buntu. Perut gua katanya rada keras dan persentase gua usus buntu tuh 60%. JEGER! Gua udah shock aja kan, yah, berarti mesti operasi dong kalo gini. Hadeh, buang-buang waktu aja. Habis itu dokternya nyaranin gua buat tes darah sama USG, buat cari tahu bener ga ada usus buntu. Pas di cek, hasil tes darah gua baik, dan USG nya sih  ga ada pembesaran usus buntu, tapi ada kista sebesar 2 cm, yang biasanya muncul kalo kita mau menstruasi (Kebetulan saat itu gua lagi PMS). Akhirnya  dokternya ngasih surat rekomendasi ke dokter penyakit dalam buat konsultasi. Pas dicek dokter penyakit dalam, dia cek perut dan nekuk-nekuk kaki gua, terus ditanya sakit ga pas ditekuk, ternyata ga sakit. Dokter penyakit dalam pun menyimpulkan kalo itu bukan usus buntu, ada kemungkinan sih itu efek otot yang tegang karena lagi PMS. Kemudian dokter pun memberi obat pereda nyeri. 

Sempet aman tuh badan, ga kenapa-kenapa. Eh, 3 minggu lalu, hari jumat, gua mulai mulas, mual, pusing juga, badan rada keringat dingin juga, padahal itu kondisinya gua lagi ngajar kan. Akhirnya gua memutuskan habis ngajar langsung ke dokter. Kali ini gua langsung memutuskan ke dokter penyakit dalam. Gitu dicek, dokter bilang gua kena penyakit Maag. Jadi harus hindari makanan asam, pedas, dsb. Kemudian dikasih obat-obatan yang berkaitan dengan maag. Pas hari Selasa, gua inget tuh lagi ngerayain Ulang tahun temen kuliah gua di Cibubur. Gua udah berusaha ga makan yang pedes-pedes, tapi ya makan bawang putih yang cukup banyak. Malamnya, gua sesak nafas, perut mulas, mual pula, BAB warnanya kayak warna semen baru diaduk, wah pokoknya ga bener deh badan. Besoknya, kami ke dokter penyakit dalam di deket Cibubur. Disitu barulah gua didiagnosa kena GERD. Wih gila, namanya keren yak. Tapi sayang, penyakitnya ga keren sama sekali. Disitu gua dikasih obat, dan dikasih beberapa pantangan. Waktu itu, makanan yang ga boleh gua makan tuh : 
  1. Pedas
  2. Asam
  3. Goreng-gorengan
  4. Cokelat
  5. Alkohol
  6. Bawang merah dan bawang putih, nah ini nih kayaknya salah satu pemicu sakit gua. Waktu siangnya kan gua banyak makan bawang putih
  7. Mint
  8. Lemak-lemak seperti susu, keju, dll
Dan gua mesti ngelakuin itu sampe 1 bulan (minimal). Sedih sih, tapi daripada sakitnya muncul-muncul lagi kan? Terus dikasih deh obat buat 10 hari. Gua minum obat itu sambil minum sari kunyit (kapsul). Terus minggu depannya, Puji Tuhan badan udah enakan. Terus kamisnya gua ke TIM lagi buat urus peminjaman fasilitas di sana. Pas pulang, badan udah ga enak sih, kebetulan juga pas pulang dapetnya berdiri terus kan. Tapi, gua anggep itu pusing karena pegal-pegal kelamaan berdiri. Hari jumatnya, sebelum gua ngajar, badan kok rasanya lemes, bahkan buat rebus tahu pun rasanya susah banget, tapi gua kira itu karena PMS aja. Jadilah gua bawa santai. Akhirnya jam setengah 3 gua ngajar, kadang sempet sesak nafas, kadang mual sampe muntah juga, tapi gua berusaha bertahan dengan minum air panas sebanyak-banyaknya. 

Pas jam 6, gua udah sesak sampai kepala sakit, makan pun ga bisa. Akhirnya gua memutuskan untuk pulang cepet, murid terakrhir gua batalin aja kelasnya, karena gua udah ga kuat lagi. Kebetulan, emak gua jemput gua, jadi gua bilang mau ke RS aja buat cek badan. Eh pas pulang, badan udah ga nyaman kan, tiba-tiba kaki gua kesemutan, tapi gua masih tahan. Terus pas lagi cari puteran, ternyata puteran terdekat tuh di deket Pesona Khayangan, sementara RS tujuan kami tuh RS Mitra Keluarga Depok. Pas muter balik, tiba-tiba kesemutan yang dari kaki menjalar sampe tangan, sampai kuping gua juga kesemutan. Gua makin bingung kan, ini kenapa? Terus ga lama perut gua terasa keram, kayak ada yang cengkeram perut gua gitu. Gua langsung bilang, "Ma, kita ke IGD aja. Kakak udah ga kuat". Gua disitu udah bingung kan karena semua badan gua kesemutan, tangan gua juga kaku, buat lipat tangan buat berdoa aja rasanya susah minta ampun. Gua kira, gua bakal meninggal saat itu. Gua berkali-kali berdoa mohon ampun sama Tuhan, dan menyerahkan semua sama Tuhan. Eh, ga lama setelah itu, gua udah mulai ga sesakit tadi, meskipun masih kesemutan seluruh badan. 

Akhirnya sampailah di IGD, gua langsung dibawa ke dalam, terus cek tekanan darah. Yang pertama gagal, karena tangan gua masih gemetaran parah. Yang kedua, akhirnya berhasil. Terus barulah gua dipasang oksigen. Habis itu susternya nanya, apa yang dirasa sekarang, terus sekarang lagi sakit apa. Ya gua ceritain aja gua gemeteran, sesak nafas, terus ada penyakit GERD. Setelah dipasang oksigen dan tiduran, perlahan, gemetar dan sesak nafas gua berkurang. Puji Tuhan.

Ga lama, dokter yang jaga IGD datang dan bertanya hal yagn sama. Gitu gua bilang gua ada GERD, dokternya bilang kalo gemetar yang sampai kepala itu karena kita panik pas GERDnya kambuh. Katanya, kalau kambuh, usahakan jangan panik, tetap tenang. Kalau ga, ya bakal kayak gua tadi.

YA GIMANA GA PANIK DOK, SAYA BARU PERTAMA KALI NGERASAIN INI!?

Terus gua diambil darahnya, sambil dikasih obat lambung via suntikan. Perut gua yang tadinya sakit parah, mulai mereda. Gua pun disuruh stay di IGD sampai hasil darah keluar, karena kali aja kan gua darahnya rendah atau gimana. Sambil nunggu, akhirnya gua minum teh panas sambil makan 2 buah biskuit dan 1/4 bacang. 2 jam kemudian, hasil darah keluar, ternyata puji Tuhan HB gua normal, cuma elektrolitnya rada kurang karena tadi sempet muntah. Akhirnya dari jam 7 masuk IGD, gua boleh pulang jam 10 malam. Gua dikasih obat, terus buat jaga-jaga, emak gua minta supaya obatnya ditambahin, biar lebih lama habisnya, gitu. 

Oh iya, selama proses pemulihan, gua disuruh melakukan 3 hal ini :

1. Menjaga pola makan

Tadi udah disebutin di tempat sebelumnya ya, ada beberapa makanan yang pantang, dan untuk sementara jadi Haram buat gua. Tujuannya sih baik, supaya perutnya ga luka-luka lagi. Terus gua harus ngemil setiap 2 jam sekali, pokoknya perut ga boleh kosong. 

2. Menjaga pola tidur

Nah ini agak sulit nih, soalnya gua kebiasaan tidur diatas jam 11 dan bangun jam 5 atau 6 pagi. Sementara untuk penderita GERD, disarankan tidur 7-8 jam. Ini masih susah buat gua, soalnya gua masih suka ga bisa tidur kalau di bawah jam 11, rasanya kayak ga nyaman gitu. 

3. Menjaga stress

Ini nih, yang menurut gua pemicu penyakit gua. Stress. Ya, beberapa bulan terakhir gua emang rada stress karena menjadi wakil ketua panitia konser paduan suara gua. Soalnya ini pertama kalinya dalam hidup gua jadi wakil ketua atau ketua, banyaknya tuntutan ini itu, sementara kondisi gua tidak memungkinkan. Gua jadi suka stress sendiri karena kepikiran soal konser gua, akhirnya gua stress. Terus di tempat les, ada banyak anak yang ga bisa-bisa juga setelah diajarin, padahal itu materi udah 3 minggu. Ada pula yang mesti diajarin dari 0 setiap minggu, sementara ortu murid pasti ekspektasinya tinggi kan buat beginian. Akhirnya gua stress. Ternyata, stress itu mempengaruhi asam lambung guys. Ketika lu stress, maka asam lambung akan semakin banyak dikeluarkan, dan itu akan meningkatkan resiko GERD. Ini masih susah sih, terutama pas lagi ngajar. Karena lu sebenernya ingin bawa santai aja pas lagi ngajar. Tapi ada hati kecil lu yang pengen supaya anak-anak itu cepat bisa, sehingga secara ga sadar, lu jadi stress. Tapi gua masih berusaha buat redain stress gua dengan menarik nafas panjang dan minum air hangat. Doakan gua ya guys. Ini bagian yang tersulit (menurut gua) soalnya. 

 Sekarang udah hampir seminggu sejak kejadian gua masuk IGD. Gua rajin buka-buka forum penderita GERD di Facebook, supaya bisa liat sharing-sharing mereka yang sudah sembuh. Rupanya sembuhnya seseorang itu bervariasi. Ada yang 2 bulan baru sembuh total, ada juga yang bertahun-tahun, tergantung seberapa besar luka di lambungnya. Hihh, pokoknya jangan sampai deh kena lagi-lagi penyakit ini. 

Saran dari gua : kalau ada sakit, jangan didiamkan! Apalagi kalo sakitnya bertahan lebih dari 3 hari. Emang sih, ga separah kanker atau tumor ganas, tapi ini bener-bener mengganggu loh. Apalagi jika dibiarkan, bisa-bisa ini berkembang jadi penyakit Esofagus Barret, di mana penyakit ini dapat meningkatkan resiko kanker Esofagus atau kanker kerongkongan, hiiiih, ga mau kan? 

Yuk, sayangi diri sendiri. 

Cibubur, 27 Februari 2019

Shirleyuri


1 comment:

  1. Halo mba. Boleh aku minta link forum penderita gerd yg ada di fb? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete

Efektivitas Nostalgia dalam Lagu-Lagu Masa Kini

Beberapa tahun lalu, tepatnya di tahun 2017, sebuah lagu berjudul ‘Plastic Love’ diunggah di Youtube. ‘ Plastic Love ’ yang dinyanyikan o...