HAI!
Dua
bulan terakhir UI diberikan sebuah fasilitas baru. Ya, sekarang stasiun UI
memiliki jembatan penyebrangan orang (JPO) antara stasiun dan Barel (belakang
rel). Akhirnya setelah sekian lama mesti lewatin rel secara langsung dan mesti
becek-becekan (kalo hujan), kami akhirnya bisa nyebrangin rel dengan tenang.
YEAY!
![]() |
Jembatan Penyeberangan Stasiun UI-Barel |
Iya,
awalnya gua pikir juga kayak gitu.
“Wah, sekarang mau ke barel
tinggal lewatin jembatan. Keren...”
“Wah, asik nih ga perlu lagi yang
namanya kena lumpur-lumpur jijay”
“Wih bisa nyebrang santai, ga
usah takut ketabrak kereta”
“Ah, sedap lah.”
Itu
pikiran gua pas awal-awal masuk semester 4, which
is ya saat ini. Karena ya gua adalah salah satu orang yang bakal
menggunakan jembatan itu terus sampai libur kuliah nanti. Gak perlu lagi cape-cape
lagi menghindar dari becek, atau gak perlu lagi tuh yang namanya gelap-gelapan in case pulang di atas jam setengah 8
dari kampus. Gua yakin bahwa JPO ini bakal ngasih banyak manfaat.
Ternyata enggak juga.
Pertama
kali gua naik, ternyata anak tangganya tinggi banget. Kayak, dari satu anak
tangga ke anak tangga lain aja tuh udah super ngos-ngosan. Baru sampai atas aja
udah super capek. Belum turunnya. Pas gua mau turun, dari atas kelihatan kalau
ujung anak tangganya tuh ga simetris, agak bergerigi dan miring. Entah kenapa
pertama kali gua coba turun dari situ, kepala gua agak pusing. Padahal gua udah
makan sebelumnya. Pemikiran gua yang tadinya JPO ini bermanfaat langsung
berubah 180 derajat.
![]() |
Pas naik jembatan Stasiun UI. Yha maaf gambarnya blur |
![]() |
Pas turun tangga jembatan |
![]() |
Begitu sampai di atas, ada dua satpam berdiri di pojok, supaya tidak terjadi apa-apa katanya |
![]() |
Pemandangan dari atas jembatan. Sisi kiri kanannya dijeruji. Dari sini kelihatan stasiun UI dan kegiatan-kegiatannya |
Tadinya
gua pikir gua doang yang berpikiran kayak gitu. Mungkin aja tenaga gua yang ga
cukup, soalnya gua bukan orang yang suka berolahraga. Ternyata temen gua yang
suka olahraga dan rajin fitness pun ngos-ngosan pas naik tangga ini. Begitu
juga dengan temen-temen gua yang ngekos di sekitar barel. Banyak temen-temen
gua yang akhirnya sengaja ga sering balik ke kostannya gara-gara jembatan itu.
Misalnya, hari ini lu kelas dari jam 8-10.30 sama jam 14-16.30. Kan masih ada
waktu 3,5 jam tuh. Biasanya temen gua bakal balik ke kostan, terus istirahat di
kamarnya 2 jam, habis itu balik lagi ke kampus, kan lumayan yak. Nah, karena
jembatan ini, akhirnya temen gua sengaja stay di kampus (ngerjain tugas, ngaso,
dll) sampai jam set 5 itu. Katanya sih buat ngurangin frekuensi melewati
jembatan itu. Temen gua yang lain yang ngekost di Tamel (Taman Melati,
lokasinya di pinggir jalan Margonda) juga sama. Dia ga mau capek-capek keringatan
sampe kampus gara-gara itu jembatan. Bahkan dia sampai memesan gr*bcar loh tiap
mau ke kampus, which is menurut gua
sangat membuang-buang uang. Di saat lu bisa ke kampus jalan kaki tanpa ongkos
sepeserpun, lu malah rela bayar gr*bcar yang gua rasa akan memakan paling gak
25rb.
“Ya
iyalah, males gua daripada lewatin jembatan aborsi itu”
Itu
kata dia pas gua tanya kenapa dia mau melakukan ‘pemborosan’ macam itu.
Ah
iya, berkat dia juga, gua dan teman-teman lainnya punya julukan buat JPO kesayangan gua itu.
‘Jembatan
Aborsi’
WHAT!?
Iya,
lu ga salah baca. Akhirnya sampe sekarang gua nyebut jembatan itu sebagai
‘jembatan aborsi’, karena ya capeknya itu. Gua bisa ngebayangin kalau ada
ibu-ibu hamil naik jembatan itu, pas udah sampe atas, anaknya udah langsung
balita saking ekstremnya.
Tadinya
itu nama cuma dipake sama gua dan anak-anak kriminologi lainnya. Ga tau kenapa,
lama-lama anak-anak FISIP lain juga ikut-ikutan nyebut jembatan itu sebagai
‘jembatan aborsi’. Bahkan belakangan ini kita menyebut jembatan aborsi
seolah-olah nama itu memang nama sebenarnya. Nih contoh pembicaraanya:
“Pulang
cil? Naik apa?”
“Naik
G*JEK bang”
“Ooh,
tunggu di halte FISIP ya?”
“Engga.
Gua suruh di kober, biar murah.”
“Buset,
lewatin jembatan aborsi dong?”
“Iya
:”)”
Padahal
yang ngobrol sama gua itu bukanlah anak kriminologi, tapi senior dari jurusan
lain di FISIP. Tapi dia nyebut itu jembatan seolah-olah itu adalah hal yang
umum.
Selain
bikin capek, konstruksinya juga agak horror sih. Tau ga sih, beberapa bulan
yang lalu, pas itu jembatan baru dibentuk, jembatan tersebut ambruk? Padahal
masih konstruksi loh. Kan serem banget, untuk ga ada korban jiwa. Tapi katanya
sih ada salah satu pekerja yang ketimpa, cuma masih kabar burung. Ga tau deh
dari burungnya siapa.
Setelah
jembatan itu jadi, gua ngeliat ada beberapa kayu penopang yang belom dilepas.
Nah loh, kayu penopang di tangga kan biasanya dipakai ketika tangga tersebut
masih berupa semen basah dan digunakan untuk menjaga agar bentuk anak tangga
dapat terstruktur dengan baik sebelum dipakai. Kalau tangganya udah jadi dan
udah kokoh, harusnya kayunya juga dilepas. Tapi masih ada beberapa plank kayu
yang belum dilepas sama-sekali. Jangan-jangan kalau lepas, jembatannya bakal
ambruk lagi. AAAAA HOROR SEKALI!! :”(
![]() |
Plank Kayu yang masih menempel di salah satu sisi jembatan Stasiun UI |
Hmm,
kayaknya jembatan aborsi ini masih bisa dibilang ‘bermanfaat’ karena hal-hal
tadi. Yah, gua harap itu cuma pemikiran parno gua, dan kalaupun memang hal itu
beneran, gua harap segera diperbaiki. Amin.
Selamat menyeberang jembatan aborsi para pejuang! ;)
Selamat menyeberang jembatan aborsi para pejuang! ;)
Cibubur
20 Maret 2016
No comments:
Post a Comment